Pengganti Adam

Sejarah Awal Mula Banul Jann

Beban kenabian dan pemimpin bangsa manusia ia amanatkan pada Syits. Syitsmenerima pengajaran melalui wahyu tentang peredaran waktu; siang malam dan cara beribadah di tiap waktu. Ia juga menerima 50 lembar naskah wahyu.

Saat riwayat menuturkan, Syits berpindah ke Mesir yang saat itu disebut Bab Laun. Ia membuka koloni di kawasan puncak pegunungan. Sedangkan sebagian keturunan Qabil menempat di lereng pegunungan yang bawah. Syits wafat pada 1.142 tA (setelah turunnya Adam di usia 92 tahun).

Kemudian Syits mengamanatkan penggantinya pada putranya, Anusy (usianya 950 tahun). Anusy membebankan kepada putranya, Qainan (usia 920 tahun), Qainan memberikan amanat kepada putranya, Mahlayil (usia 895 tahun).

Dalam legenda Persia, Mahalyil dikenal sebagai penguasa tujuh kota. Disebut juga, ia menjadi orang pertama yang membangun kota dan benteng besar serta memulai memotong pohon untuk keperluan tersebut. Ia banyak membunuh jin yang merusak dan hantu serta dianggap telah mengusir Iblis dan Setan sehingga bangsa alus ini menyingkir ke wilayah pesisir pantai dan lereng-ereng gunung. *

Mahlayil menyerahkan pemimpin manusia pada Yarid (Yawudda/Yardiyah), putranya. Yarid benyak mengajarkan perbintangan dan kitab-kitab samawi. Yarid adalah ayah Akhnukh/Khonukh. Dia adalah Idris atau juga dikenal dengan sebutan Hormes I.

Ibn Ismail, Sang Pangeran : Studi Kesejarahan Periode Para Rasul dan Bani Israil, (Kediri: TeTES Publishing, 2012), hal. 9
(*) Qisos’l Anbiya’ (CD Maktabah Syamela); I:50

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: