Khadijah, Bidadari Tak Bersayap

bidadari-bermata-bening3

Dengan harta waisan itu, Khadijah membangun kerajaan bisnis. Rupanya, yang mewaris ke dalam dirinya bukan hanya harta mendiang ayahnya, melainkan juga kemampuan sang ayah. Bakat bisnis Khuwaylid merasuk ke dalam diri Khadijah. Kecerdasan dan kekuatan Khadijah telah menyetirnya pada kekayaan yang lebih besar ketimbang kekayaan yang diwariskan sang ayah. Kekayaan itu adalah jaringan bisnis milik sang ayah. Maka, sepeninggal Khuwaylid, Khadijah mengambil alih bisnis keluarga. Bahkan, bisnis yang dibangun ayahnya itu menjadi lebih berkembang di tangannya.

Khadijah menjadi seorang entrepreneur. Dia menguasai teknik berbisnis yang mumpuni. Dia lebih memercayakan barang-barangnya kepada orang-orang pilihan, yang mendatangkan keuntungan berlipat baginya. Seperti pepatah yang mengatakan, orang pintar bukan mereka yang bisa melakukan satu pekerjaan dengan baik, tetapu orang yang brilian adalah orang yang mampu menemukan orang pintar untuk mengerjakan pekerjaannya.

Itulah Khadijah. Dia seorang entrepreneur sejati. Pebisnis yang memiliki ragam rencana, lalu mendelegasikan dan mempercayakannya kepada orang-orang pilihan dalam eksekusinya. Sementara, dirinya bisa melakukan aktivitas yang lain. Aktivitas lainnya itu tidak lepas dari kegiatan-kegiatan sosial. Makanya, tidak mengherankan jika orang-orang papa di Mekah ditanya, siapa orang yang paling mengerti mereka, dengan tegas, nama Khadijah akan keluar dari lisan mereka.

Khadijah menjadi sedemikian istimewa. Tidak satu pun masyarakat  Mekah yang tidak mengenalnya. Terutama kaum paap. Bagi mereka, Khadijah adalah bidadari tak bersayap yang diutus Tuhan ke dunia. Khadijah adalah penyantun mereka. Kepada mereka, Khadijah selalu memberikan perhatian dan bantuan.

Fatih Zam, Khadijah : Mahadaya Cinta, (Solo : Pustaka Tiga Serangkai, 2011), hal. 25-26

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: