Kepala di Jadikan Pelindung

Qatadah ibn Nu’aim memgisahkan kepada kita semua salah satu kejadian paling menakjubkan yang membuktikan betap dalam cintanya para sahabat kepada Rasululah SAW. Qatadah berkata bahwa Rasulullah SAW diberi hadiah sebuah busur oleh seseorang. Pada perang Uhud, Beliau menyerahkannya kepadaku, dan dengan busur itulah aku memanah di hadapan Beliau sampai akhirnya patah.

Aku masih berdiri di tempatku, tepat di hadapan wajah beliau dan menerima panah-panah musuh dengan wajahku. Kalau ada anak panah yang melenceng ke arah wajah Rasululah SAW, aku memiringkan kepalaku untuk melindungi wajah beliau tanpa aku bisa membalas memanah karena busurku telah patah.

Busur Qatadah telah patah dan tidak bisa dipakai lagi untuk melindungi Rasululah SAW. Orang lain selain Qatadah yang mungkin akan berkata dalam hati demikian,
“Aku telah mencurahkan segala daya yang aku punya untuk melindungi Rasulullah SAW, sekarang senjataku telah patah, aku tidak berdaya. Tak ada sesuatu pun yang bisa aku berikan setelah itu.”

Namun, Lain halnya dengan Qatadah. DIa memakai kepalanya sebagai tameng, sebagai pelindung Rasulullah SAW. Setiap ada anak panah yang melesat ke arah Rasululah SAW, mak dia memiringkan kepalanya untuk menerima anak panah tersebut. Dia jadikan wajahnya sebagai penghalang antara anak panah itu dan Rasululah SAW.

Bukan main, luar biasa sekali Qatadah ini, dan alangkah besarnya pengorbanannya. Karena kepala sebagai tameng, otomatis wajahnya banyak terkena anak panah, dan riwayat yang paling terkenal adalah terlepasnya bola mata Qatadah karena terkena anak panah musuh. Mata Qatadah terluka parah pada Perang Uhud hingga bola matanya jatuh tepat mengenai pipi Rasulullah SAW. Berkat doa Rasulullah SAW, bola mata tersebut akhirnya dikembalikan ke tempatnya semula, sembuh, bahkan lebih baik dari bola mata yang satunya lagi.

Subhanalah..
Pengorbanan tiada tara akan diberikan apabila seseorang telah mencintai, seperti Qatadah ini.
Akankah cintamu kepada Rasulullah sedemikian juga…

http://kisahislamiah.blogspot.com/2012/03/kepala-dijadikan-pelindung.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: